Perbedaan Bukan Lahan Perpecahan||Myopinion


BERBEDA PILIHAN-BERBEDA PERLAKUAN

Imam Syafi’i mengemukakan bahwa  Pendapatku benar, tetapi memiliki kemungkinan untuk salah, sedangkan pendapat orang lain salah, tetapi memiliki kemungkinan untuk benar. Begitulah yang dikatakan imam syafi'i, yang apabila dipahami berarti tidak adanya kebenaran yang mutlak dan kebenaran itu relatif.
Banyak kasus pertikaian yang mulanya disebabkan oleh perbedaan, baik itu perbedaan pendapat, pandangan, pilihan dan lain sebagainya. Beberapa pekan terakhir terdapat salah satu permasalahan mengenai perbedaan pilihan dalam politik, alhasil hanya karena salah satu anggota masyarakat berbeda pilihan dengan yang lain akhirnya berbeda perlakukan pula terhadap dirinya. Sesuatu hal yang memang sangat tidak wajar, bukankah perbedaan itu merupakan rahmat sebagaimana yang dikatakan Rasulullah?  Lantas apakah perbedaan tersebut pantas untuk dijadikan dalih perpecahan?
Secara keIndonesiaan, Negara ini memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika untuk kelangsungan warga negaranya yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Artinya meskipun terdapat perbedaan-perbedaan diantara sesama sudah sepatutnya harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan sampai adanya sikap memojokkan satu sama lain yang itu sangat berpotensi terhadap perpecahan.


…”Kami Mengaku Bertanah Air Satu, Tanah Air Indonesia”….
(Ya Allah ya Tuhan kami, aku berlindung kepadamu dari Perselisihan, Pertikaian dan Perpecahan).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Sampai Kesaktian Menjadi Kesakitan

Kampung Pulo; Enam Rumah dalam Satu Pulau

Islam dan Perilaku Sosial